بِسْــــــــــــــــــــــمِ اَللّهِ الرّحْمن الرّحيم 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَتُهُ 

آللّهُمَ صَلّیۓِ ۈسَلّمْ عَلۓِ سَيّدنَآ مُحَمّدْ وَ عَلۓ آلِ سَيّدنَآ مُحَمَّدٍ



Waktu-waktu yang dilarang melakukan shalat adalah:
  1. Ketika matahari terbit hingga naik setinggi ujung tombak (kurang lebih 4-5 meter) menurut penglihatan mata.
  2. Ketika matahari berada di puncak (tepat tengah hari) hingga bergesar ke arah barat.
  3. Ketika matahari mulai menguning menjelang terbenam, hingga terbenam.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Muslim, sahabat 'Uqbah bin 'Amir berkata: "Tiga waktu dimana Rasulullah SAW melarang kita melakukan shalat dan mengubur jenazah." Lalu disebutnya ketiga waktu tersebut di atas.

Mengapa shalat dalam waktu tersebut dilarang? Adalah semata karena dilarang oleh Nabi Muhammad SAW. Dan perlu diketahui, bahwa kebanyakan masalah Ibadah adalah tauqiifiyah, artinya tidak bisa dirasionalkan, seperti juga masalah jumlah rakaat-rakaat dan waktu-waktu shalat fardhu, kesemuanya tidak akan bisa terjangkau oleh penjabaran rasional.

Para ulama berbeda pendapat mengenai shalat apa saja yang dilarang dilakukan dalam waktu-waktu tersebut. Jumhur (mayoritas ulama: Malikiyah, Syafi'iyah, dan Hanbaliyah) mengatakan bahwa yang dilarang adalah shalat-shalat sunnah muthlaq, yaitu shalat sunnah yang tanpa sebab.

Adapun melakukan shalat-shalat fardhu, ataupun qadha shalat fardhu, maka tidaklah dilarang melakukannya di dalam waktu-waktu tersebut. Adapun shalat sunnah yang mempunyai sebab seperti sunnah shalat thawaf, maka hukumnya makruh.

Adapun waktu-waktu yang makruh menjalankan shalat sunnah adalah: setelah shalat Subuh, setelah shalat Asar, Sebelum shalat Maghrib, ketika khatib telah mulai khutbah, ketika sedang iqamah untuk shalat jamaah, sebelum shalat 'Ied dan setelah shalat 'Ied di masjid. Waktu-waktu tersebut karena berdekatan sekali dengan waktu-waktu yang dilarang shalat.

Hanya Imam Hanafi yang mengatakan bahwa shalat apapun tidak akan sah bila dilakukan dalam waktu-waktu tersebut.



والله أعلم بالصواب

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُوْا اللهَ لِيْ وَلَكُمْ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer