بِسْــــــــــــــــــــــمِ اَللّهِ الرّحْمن الرّحيم 
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَتُهُ 
آللّهُمَ صَلّیۓِ ۈسَلّمْ عَلۓِ سَيّدنَآ مُحَمّدْ وَ عَلۓ آلِ سَيّدنَآ مُحَمَّدٍ


Bulan ramadhan dalam arti yang lain disebut pula dengan bulan taubat. Artinya pada bulan ini Allah SWT membuka begitu banyak pintu taubat bagi hamba-hambanya yang berbuat dosa. Kita telah sama-sama ketahui bahwa tak ada manusia yang tidak berdosa. Dan hal ini pun telah diakui oleh Nabi Muhammad SAW, bahwa setiap anak manusia pasti memiliki salah dan dosa. Namun sebaik-baiknya orang yang berdosa adalah mereka yang bersegera bertaubat meminta ampun kepadaAllah SWT.
Dalam hal yang terkait dengan kesalahan manusia ada yang berhubungan dengan Allah SWT saja, dan ada pula yang berhubungan dengan antar sesama manusia. Jika kesalahan ataupun pelanggaran yang terjadi pada hamba hanya berhubungan pada hak Allah semata, maka kunci taubat yang harus ia lakukan hanya dua hal, yang pertama ia harus meyesali perbuatannya itu dan bertekad untuk tidak mengulangi lagi di kemudian hari. Yang kedua, memohon ampun kepada Allah dengan harapan dan keyakinan bahwa Allah akan mengampuni dosa dan kesalahannya tersebut.

Adapun jika kesalahan dan dosa yang dilakukan seseorang itu terjadi antara sesama manusia, seperti jika seseorang membicarakan kejelekan saudaranya dihadapan orang lain, atau mengambil milik/hak orang lain secara tidak sah, dan lain-lain, maka cara bertaubatnya adalah dengan dua cara yang disebut di atas, dan ditambah satu hal lagi, yaitu, ia harus meminta maaf kepada orang yang ia dzalimi secara langsung atau mengembalikan hak orang tersebut jika hal itu terkait dengan suatu barang atau benda.
 
Sungguh Allah SWT sangat senang melihat hamba-hamba-Nya yang bertaubat, bahkan dilukiskan dalam sebuah hadits, bahwa gambaran senangnya Allah SWT terhadap hamba-Nya yang hendak bertaubat dari perbuatan dosa yang dilakukannya. Ibarat seseorang yang dalam perjalanan jauh, yang ditemani oleh seekor unta, dimana di atas unta tersebut seluruh perlengkapan hidupnya ia letakkan. Seperti hartanya, tempat tidurnya, alat-alat masaknya, dan lain-lain. Tiba-tiba orang tersebut tertidur dan untanya lepas pergi entah kemana. Di saat orang tersebut terbangun, ia sudah tidak lagi menemukan untanya bersamanya lagi. Ia cari kesana-kemari selama berhari-hari, namun tidak ditemukannya juga. Akhirnya, karena begitu lelahnya ia pun akhirnya tertidur pulas. Dan bagitu ia bangun dari tidurnya, ia mendapatkan untanya sudah berada disampingnya kembali lengkap dengan yang dibawanya pertama kali.

Dalam hadits ini Rasulullah s.a.w. menggambarkan betapa bahagianya seorang musafir yang menemukan kembali untanya yang berhari-hari hilang. Akan tetapi Rasulullah langsung menjelaskan, bahwa bahagianya Allah SWT kepada hamba-Nya yang kembali bertaubat dari perbuatan dosanya, jauh lebih besar ketimbang kebahagiaan seorang musafir tadi yang mendapatkan untanya kembali kehadapannya. Subhanallah.

Setelah mendengar keterangan hadits ini, sesungguhnya apa lagi yang kita tunggu, kenapa kita tidak bersegera bertaubat kepada Allah SWT. Kepada siapa lagi kita tumpahkan segala kebodohan, kesalahan, dosa dan kealfaan kita, keculai kepada Zat yang Maha Mengetahui segala sesuatu dan Maha Menyimpan rahasia. Sesuai dengan firman Allah dalam surat al-maidah: 74.
"Tidaklah mereka itu segera bertaubat kepada Allah dan memohon ampun kepada-Nya, sesungguhnya Allah maha pengampun dan maha penyayang".
 
Barangkali kita pernah merasa, apakah Allah SWT akan menerima taubat kita, yang memang sejak kecil hingga usia tua penuh dengan dosa, sering melanggar perintah dan petunjuk-Nya, bahkan menghina ajaran-ajaran-Nya.Yang pasti tidak ada kata terlambat untuk bertaubat, selama ruh (nyawa) belum sampai di tenggorokan, Allah SWT masih tetap menerima taubat hamba-Nya. Sebab Allah SWT, memperingati orang-orang yang memang dalam hidupnya telah melampaui batas dosa yang tak terkira, agar mereka tidak pernah berputus asa atas kucuran rahmat Allah SWT yang begitu luas, sebab sesungguhnya Allah maha menerima taubat atas dosa-dosa apapun (QS. al-Zumar: 53). Selain dosa menyekutukan Allah SWT
.
Maka dalam kesempatan bulan puasa ini, mari kita latih diri kita untuk berintrospeksi atas setiap kesalahan dan dosa yang pernah kita lakukan, dan sungguh waktu dan masa ini adalah yang paling tepat untuk meluapkan taubat kita kepada Allah SWT. Dan hendaknya kita tidak menunda-nunda taubat sampai tua nanti, sebab siapa yang tahu bahwa kita masih diberi kesempatan hidup oleh-Nya sampai hari esok?


Note : Bagi yang ingin bergabung dengan grup BBM Al Islam, silahkan invite Pin: 23864148



والله أعلم بالصواب
أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُوْا اللهَ لِيْ وَلَكُمْ
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer