سْــــــــــــــــــــــمِ اَللّهِ الرّحْمن الرّحيم 
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَتُهُ 
آللّهُمَ صَلّیۓِ ۈسَلّمْ عَلۓِ سَيّدنَآ مُحَمّدْ وَ عَلۓ آلِ سَيّدنَآ مُحَمَّدٍ 

Agama Islam adalah agama kasih sayang, perdamaian dan humanis. Oleh sebab itu, maka syari'at islam memiliki tujuan tujuan (maqosid as-syari'ah) yang harus dijaga dan dipenuhi. Tujuan tujuan itu adalah:

  1. Menjaga agama (hifzu al-dien).
  2. Menjaga akal (hifzu al-aqlu).
  3. Menjaga kehidupan (hifzu al-nafs).
  4. Menjaga generasi (hifzu al-nasl).
  5. Menjaga kehormatan (hifzu al-'irdh).


Tujuan-tujuan inilah yang menjadi barometer di dalam hukum halal, haram, makruh (dibenci), dan mubah (boleh) dan lain-lain. Sehingga bila ada perbuatan yang akibatnya dapat merusak salah satu tujuan dari 5 tujuan tersebut, maka hukumnya haram.

Contoh: meminum minuman keras atau 'ngedrugs' itu hukumnya jelas haram. Alasannya, perbuatan itu bisa merusak akal, yang mana hal ini sangat bertentangan dengan tujuan syari'at yang nomor dua yaitu penjagaan akal (hifzu al-'aql). Begitu juga sebaliknya.

Dengan bab penjelasan di atas, bagaimanakah hukum pemeliharaan anjing? Dalam hal ini kita melihatnya, apakah manfaat pemeliharaan itu untuk menjaga salah satu tujuan syari'at atau tidak? Atau dengan kata lain untuk kemaslahatan manusia atau tidak? Jika iya, maka hukumnya boleh, dan apabila tidak, maka hukumnya haram. Hal ini dikuatkan dengan hadits-hadits Nabi yang menerangkan tentang kebolehan memelihara anjing dengan tujuan untuk penjagaan atau untuk berburu.

Nabi Muhammad SAW berkata: "Barangsiapa memelihara anjing, maka pahalanya akan berkurang satu qiroth setiap harinya. Kecuali anjing untuk berburu dan anjing penjaga kebun" (HR. Jama'ah). 

Nabi Muhammad SAW berkata: "Barangsiapa memelihara anjing tidak untuk keperluan berburu atau penjagaan, maka pahalanya akan berkurang sebanyak satu qiroth setiap harinya" (Mutfaquh 'Alaihi).

Kesimpulannya, memelihara anjing untuk kepentingan penjagaan atau berburu itu diperbolehkan. Tetapi diapun harus berusaha menjaga diri dari najis yang timbul dari hewan tersebut. ‬



أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُوْا اللهَ لِيْ وَلَكُمْ
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer