بِسْــــــــــــــــــــــمِ اَللّهِ الرّحْمن الرّحيم 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَتُهُ 

آللّهُمَ صَلّیۓِ ۈسَلّمْ عَلۓِ سَيّدنَآ مُحَمّدْ وَ عَلۓ آلِ سَيّدنَآ مُحَمَّدٍ


Menurut mazhab Syafi'iyah basmallah wajib dibaca, karena basmallah bagian dari surat Fatihah, ayat pertama. Berdasarkan satu riwayat bahwa Rasulullah SAW. menghitung ayat-ayat Fatihah sebanyak tujuh, termasuk basmallah. (HR. Bukhari).
Dalam riwayat lain Nabi bersabda. "Bila engkau membaca alhamdulillah................. (Fatihah, maksudnya), maka bacalah bismillahirrahmanirrahim, karena itu merupakan Ummul Qur'an dan Ummul Kitab serta termasuk tujuh ayat Fatihah." (HR. Daar Quthny).

Masih menurut Syafi'iyah, dianjurkan membaca basmallah dengan keras sekiranya terdengar makmumnya di semua shalat jahriyah (shalat-shalat yang disunatkan mengeraskan bacaan-bacaannya (Fatihah dan surat-surat setelahnya): Maghrib, Isya', Subuh, Jum'at). Dikisahkan oleh Ibnu Abbas bahwa Rasulullah SAW. membaca dengan jelas (terdengar jama'ahnya). (HR. Bukhari dan Muslim).

Hanafiyah dan Malikiyah berpendapat basmallah tidak harus dibaca dalam shalat, karena tidak termasuk ayat Fatihah, juga surat-surat lainnya dalam al-Qur'an (kecuali an-Naml pada pertengahan surat). Pendapat ini berdasar pada riwayat Sahabat Anas ra. "Aku shalat bersama Rasulullah SAW, Abu Bakar, Umar dan Usman ra, tak kudengar satupun dari mereka membaca basmallah." (HR. Muslim dan Ahmad). Namun demikian mazhab Hanafiyah membolehkan membacanya dalam shalat tidak berjama'ah (munfarid = sendirian), dengan suara yang lirih (sekiranya orang di dekatnya tidak mendengar dengan jelas).

Sama dengan Syafi'iyah, Hambaliyah berpendapat bahwa basmallah termasuk salah satu ayat Fatihah dan harus dibaca dalam shalat, namun harus dengan suara lirih.

Pada intinya perbedaan pendapat di atas kesemuanya bermuara pada apakah basmallah termasuk ayat Fatihah atau bukan. Pilihan, saya kembalikan kepada Anda setelah membaca pendapat-pendapat di atas. Atau meneruskan kebiasaannya juga tak apa-apa: bagi yang sudah biasa membaca teruskan saja, yang tidak biasa juga tak apa-apa untuk meneruskannya. 


والله أعلم بالصواب

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُوْا اللهَ لِيْ وَلَكُمْ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer